Wednesday 10 June 2020

Tetap Harus Foto Outdoor ditengah Pandemi Covid19, Ini Tipsnya!!!

Oke jadi sebelumnya saya mau cerita sedikit mengenai pekerjaan saya ini, saya adalah seorang admin sekaligus fotografer di sebuah industri modifikasi mobil, tugas saya sangat sederhana selain mengurus keperluan administrasi, sayapun harus memotret setiap mobil yang sudah selesai dimodifikasi untuk dipajang di media sosial.

Copyright: Yura Hendriana

ketika wabah pandemi covid-19 ini mulai menyerang negara tercinta kita, jujur saya merasa khawatir dan menjadi lebih peduli lagi terhadap kebersihan, apalagi saya mempunyai seorang istri dan anak batita, tentunya saya tidak mau sesuatu menimpa mereka. Apalagi semenjak diterapkannya PSBB (Pembatasan Soial Berskala Besar) saya terpaksa diharuskan tetap bekerja, tentunya dengan mentaati dan mengikuti aturan yang berlaku, tetapi tetap saja rasa bimbang dan bingungpun tidak bisa dihindarkan. Saya bersyukur sekali masih memiliki pekerjaan, karena banyak sekali orang di luar sana yang harus kehilangan pekerjaannya karena wabah ini.


Untungnya pekerjaan saya bukan pekerjaan yang harus selalu bertemu dengan banyak orang. Hanya saja yang membuat saya khawatir ketika saya harus melakukan sesi foto, saya melakukannya harus di luar ruangan, tak jarang juga harus keliling kota demi mencari spot yang bagus untuk melakukan sesi foto, apalagi di tengah pandemi ini mencari spot foto outdoor harus mencari tempat yang benar-benar sepi. Loh tapi kan bisa foto secara Virtual lewat video call!!? Buat saya tidak mungkin melakukan sesi foto secara virtual, selain ribet tentunya feeling ketika memotret pun jadi berkurang.

Mungkin tips sederhana ini bisa kamu lakukan ketika ingin melakukan sesi foto outdoor disaat virus melanda:

1. Berdoa sebelum memulai aktifitas, agar dimudahkan dan dilancarkan segalanya
2. Usahakan sebelum memotret sterilkan perlengkapan fotomu
3. Cari tempat foto yang sepi, jauh dari kerumunan
4. Usahakan ketika memotret maksimal Hanya 2 Orang saja
5. Tentukan batas waktu, saran saya maksimal 30 menit
6. Ketika selesai motret, sterilkan kembali peralatanmu, cuci tangan dan ganti pakaianmu

Mungkin sebagian dari kita sudah memahami protokol saat bekerja ditengah pandemi virus ini, hanya saja saya ingin mengingatkan kembali tips sederhana ini, semoga kita semua selalu diberikan kesehatan, kemudahan, dan keselamatan dalam bekerja.

Salam untuk semua fotografer indonesia!!!

No comments:

Post a Comment