Monday 15 June 2020

Cara Menghasilkan Uang dari Karya Fotomu Dengan Mudah (Untuk Pemula!!!)

Bapak Ridwan Kamil pernah mengatakan bahwa Perkerjaan Paling Menyenangkan di Dunia Adalah Hobi yang Dibayar. Betul???

Jika ada seseorang yang baru terjun ke dunia fotografi dan berharap suatu saat nanti bisa menggantungkan hidupnya dari hasil karya fotonya, itu bukan hal yang mustahil, tergantung kitanya mau konsisten dan sabar atau tidak. Hanya saja kita selalu bingung untuk memulai, bagaimana sih caranya? mungkinkah ada klien yang mau menyewa jasa kita sebagai fotografer profesional, sedangkan portfolio saja belum punya.


Jangan khawatir, meskipun kita masih pemula, dan belum punya portfolio bukan berarti kita tidak bisa menghasilkan uang dari hasil foto kita. Ada cara mudah namun tidak instant, karena tidak ada kesuksesan yang dihasilkan secara instan, betul? caranya adalah menjadi seorang CONTRIBUTOR MICROSTOCK, apa itu microstock?? silahkan googling sendiri, karena sudah banyak sekali artikel yang membahas tentang apa itu microstock. Intinya kita bisa menjual hasil foto kita kepada agen microstock tersebut dan hasil foto kita bisa dibeli oleh orang di seluruh dunia secara berkali kali. Hah!!! berkali kali??. iya berkali kali oleh siapapun dan di manapun.

Lalu foto yang seperti apa yang bisa kita jual ke microstock? jawabannya adalah foto apapun terserah anda, desain vector, video dan musik pun bisa dijual di microstock, asalkan foto tersebut memiliki kualitas baik, dan bisa dipakai untuk kebutuhan perusahaan atau periklanan. dan foto yang diupload tidak memiliki merk atau watermak.

Kriteria foto bagus menurut microstock itu, minimum beresolusi 4MP, hasil foto tidak shaking, tidak noise, dan tidak over atau under exposure. kriteria foto tersebut dililai berdasarkan zoom 100% jadi dari situ dinilai apakah foto kita memenuhi kriteria atau tidak.

Secara tidak langsung dengan menjadi contributor foto di microstock kita juga belajar cara mengambil gambar yang baik dan berkualitas.




Berikut adalah daftar dari beberapa agen microstock:
1. Shutterstock
2. Dreamstime
3. Adobe Stock
4. 123RF
5. dsb

Silahkan kalian coba dan pahami sendiri dunia microstock itu seperti apa, upload hasil foto karya kalian di agen microstock tersebut, dengan kriteria yang saya cantumkan di atas, Ingat!! foto yang digunakan harus original karya kalian sendiri, tidak boleh menjiplak apalagi mengambil karya orang lain, kalau tidak akun kalian siap-siap dibanned dan kalian tidak akan bisa menjadi contributor lagi.

Saya ingatkan lagi cara di atas merupakan cara paling mudah, TETAPI TIDAK INSTANT, butuh waktu bertahun tahun dan beribu ribu portfolio, tergantung dari kita mau konsisten dan sabar atau tidak dalam menjemput kesuksesan dari hobi yang dijalani, anggaplah dengan kita menjadi contributor di microstock itung-itung kita belajar foto juga agar karya kita menjadi lebih baik lagi dan lebih berkualitas.

No comments:

Post a Comment