Tuesday 9 June 2020

Kamera Yang Bagus Untuk Belajar Fotografi Dengan Harga dibawah 5 Juta

Kali ini saya akan membagikan pengalaman menggunakan kamera prosumer sebagai kebutuhan fotografi saya

apa itu kamera prosumer??

Kamera Prosumer merupakan sebuah kamera superzoom yang memiliki bentuk seperti kamera DSLR tetapi lensanya tidak bisa diganti ganti layaknya DSLR ataupun mirrorless, hanya saja kamera prosumer sudah memiliki fitur pengaturan layaknya DSLR, seperti fitur Manual yang bisa membuat pengaturan pada Segitiga exposure (Shutter speed, diafragma, & ISO) , Aperture priority, Shutter Priority dll.



Kamera ini sangat cocok sekali untuk pemula seperti saya yang ingin belajar fotografi, sebelum melangkah ke kamera yang lebih profesional lagi. Kamera yang saya gunakan adalah kamera Sony dsc-hx350.

via: focusnusantara.com





Kamera ini beresolusi 20.4 MP saya beli pada tahun 2019 dengan harga sekitar 4jtaan. Awalnya saya membeli kamera ini hanya untuk keperluan dokumentasi pribadi saja saat liburan keluarga atau sekedar jalan-jalan. seiring perjalanan waktu karena kamera ini saya menjadi lebih tertarik untuk memperdalam dunia fotografi. Apalagi gambar yang dihasilkan kamera ini cukup baik, bahkan sekarang karena kamera inipun saya bisa mendapatkan pekerjaan profesional sebagai fotografer otomotif. dan kamera ini menjadi kamera utama saya dalam bekerja. kamera ini pernah saya gunakan untuk mengambil gambar balap mobil drift yang melaju sangat cepat, ternyata kamera inipun mampu mengambil gambar objek tersebut dengan hasil gambar yang baik dan jelas seperti contoh di bawah ini.

Copyright: Yura Hendriana

Hanya saja kekurangan yang saya rasakan menggunakan kamera ini saya memiliki kesulitan untuk mendapatkan gambar yang bokeh, tetapi bukan berarti tidak bisa, dalam menggunakan kamera ini kita harus pintar mengatur diafragma, dan focal length antara kamera dan objek agar mendapatkn hasil yang bokeh, karena lensa kamera ini tidak bisa kita ganti ganti layaknya kamera dslr ataupun mirrorless.

Kamera inipun cukup baik digunakan untuk kebutuhan videografi, gambar yang dihasilkan cukup stabil dan halus. contohnya seperti video saya ini : https://www.youtube.com/watch?v=6cH-kHYrYGI

Kesimpulannya kamera ini sangat cocok dan bagus sekali digunakan untuk kalian yang ingin memiliki kamera untuk belajar fotografi ataupun videografi dengan budget dibawah 5 juta.

Hasil foto - foto yang didapatkan dari kamera Sony DSC-HX350 : https://www.behance.net/yurahend

No comments:

Post a Comment