Tuesday 23 June 2020

Lebih Baik Foto Menggunakan Smartphone atau Kamera?


Zaman sekarang teknologi kian berkembang pesat, begitupun dengan dunia fotografi, apalagi sekarang sudah banyak sekali smartphone keluaran terbaru, hampir setiap hari selalu ada saja iklan smartphone bermunculan dengan menonjolkan resolusi kamera yang besar, bahkan tidak jarang orang jaman sekarang kebanyakan lebih memilih smartphone dengan resolusi yang besar sebagai patokan dibandingkan dengan membeli kamera asli, tetapi apakah dengan resolusi yang besar bisa menghasilkan foto yang bagus? belum tentu juga, karena kunci dari foto yang bagus adalah tergantung dari orang yang mengambil foto tersebut, bukan berdasarkan device yang digunakan.





Jadi lebih baik mana menggunakan kamera smatphone atau kamera asli?

Semua balik lagi tergantung kebutuhan anda, jika anda hanya sekedar hobi foto untuk kebutuhan sosmed, saya rasa menggunakan kamera smartphone sudah cukup, apalagi kamera smartphone sangat simple dan mudah dibawa kemana-mana itu nilai plusnya.

Tetapi jika anda mengambil foto untuk kebutuhan profesional saya rasa wajib menggunakan kamera sungguhan, kenapa? karena kamera sungguhan memiliki sensor yang lebih besar dibandingkan kamera smartphone, jadi jika hasil foto akan dicetak dengan ukuran billboard pun tidak perlu khawatir hasil gambar akan pecah, walaupun kamera smartphone memiliki jumlah megapixel yang lebih besar dibandingkan dengan kamera sungguhan tetap saja file kamera smartphone lebih kecil dibandingkan dengan kamera sungguhan. 

Jadi kamera smartphone tidak bisa digunakan untuk kebutuhan profesional? bisa saja seperti yang saya bilang tadi jika kebutuhannya digunakan untuk pemasaran di sosmed, atau untuk dicetak sebesar majalah hasil dari kamera smartphone masih oke, tetapi jika kebutuhannya untuk pemasaran di billboard atau pamflet dengan ukuran yang besar kamera sungguhan masih jauh lebih unggul dibandingkan dengan kamera smartphone.




Kesimpulannya mau menggunakan kamera smartphone atau kamera sungguhan semua tergantung kebutuhannya masing-masing orang, dan jangan selalu menjadikan ukuran megapixel jadi patokan,  hasil foto bukan dilihat dari kamera apa yang digunakan, tetapi siapa yang menggunakan.

No comments:

Post a Comment